Gempa 7,9 SR Guncang Nepal Ribuan Korban Meninggal

Sabtu 25 April 2015, gempa dengan kekuatan 7,9 Skala Richter (SR) mengguncang  Nepal. Gempa ini begitu mengejutkan warga karena terjadi saat siang hari,ketika warga Nepal sedang beraktifitas.
Di kabarkan korban jiwa sampai saat ini sudah mencapai seribu orang lebih. Itu belum lagi dengan warga yang masih hilang kontak dan belum di temukan.

Menurut warga setempat sebelum terjadinya gempa sempat terdengar suara gemuruh yang di teruskan seperti suara petir yang menggelegar. Setelah itu terjadilah gempa yang begitu mengerikan ini. Bahkan merupan gempa yang paling parah sejak tahun 1930an.

Mengapa bisa di bilang demikian?,karena guncangannya yang besar dan mampu meluluh lantahkan bangunan-bangunan. Bahkan menurut kabar juga menara terpenting dan yang paling bersejarah di Nepal ikut roboh. Menara itu adalah Menara Bersejarah Dharahara.

Selain itu gempa susulan juga berulang kali terjadi hingga kota Katmandhu dan sekitarnya luluh lantah.

Di tempat lain efek dari gempa ini juga terjadi. Seperti di Mount Everest terjadi longsoran salju yang menimbun camp-camp pendakian.

Gempa ini juga berdampak pada negara-negara sekitar Nepal yang merasakan efek getarannya.
Saat ini pemerintah setempat masih berkonsentrasi melakukan evakuasi korban,dan memperbaiki sarana umum yang telah rusak parah. Mereka juga memohon do'a dan bantuan negara-negara tetangga untuk membantu bencana tragis ini.



0 komentar:

Post a Comment